Gaya Scandinavian Pada Ruang Tamu Simple Dan Clean


Ruang tamu adalah ruang yang penting dalam suatu rumah. Ruang tamu biasanya memberikan kesan pertama bagi tamu yang berkunjung. Ruang tamu yang berantakan akan memberikan kesan kurang baik dari para tamu. Maka dari itu penting untuk menata ruang tamu dengan indah!

Tapi sayangnya masih banyak yang belum memahami cara menata ruang tamu sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya. Salah satu cara menata ruang tamu adalah dengan Gaya Scandinavian yang terkesan simple, minimalis dan juga bersih. Gaya Scandinavian, yang sedang ngetren beberapa tahun belakangan ini ternyata berasal dari negara Eropa. Gaya Scandinavian ini cocok diterapkan bagi kalian yang memiliki ruang tamu mungil karena gaya ini akan memberikan kesan luas dan nyaman untuk tamu yang berkunjung!

Namun, bagaimana cara menata ruang tamu dengan gaya Scandinavian? Berikut cara menata ruang tamu dengan gaya Scandinavian yang simple tapi nyaman!

  1. Gunakan Warna Netral

 

Pertama, gunakan dominasi warna netral sebagai salah satu ciri dari gaya Scandinavian. Gunakan warna putih pada ruang tamu dengan sentuhan warna abu-abu. Perpaduan warna ini akan menghasilkan interior yang minimalis, bersih tapi juga tidak menghilangkan nilai estetika pada ruang tamu. Warna netral juga memberikan kesan ringan dan nyaman bagi penghuninya.

 

  1. Jendela dan Bukaan yang Besar

 

Gaya Scandinavian yang berasal dari Eropa ini umumnya memiliki bukaan jendela yang besar. Bukaan yang besar ini dapat menjadi sirkulasi untuk masuknya penghawaan alami. Selain membawa angin sejuk masuk, bukaan ini juga menghadirkan view luar rumah bagi para tamu.

Tetapi perlu diperhatikan bahwa Indonesia adalah negara tropis. Banyaknya bukaan justru kadang malah mendatangkan panas ke dalam ruangan. Maka jika ingin menerapkan jendela pada ruang tamu, perlu dipertimbangkan arah hadap jendela. Jendela yang baik adalah jendela yang menghadap ke arah Utara dan Selatan sehingga panas cahaya matahari tidak akan terpapar langsung ke dalam ruang tamu. Selain itu kalian juga bisa memasang korden transparan untuk mengurangi cahaya dan panas yang masuk.

  1. Furnitur yang Sederhana dan Fungsional

 

Pertama, penting untuk memilih furniture ruang tamu sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Hal ini dikarenakan perbedaan gaya hidup dari masing-masing pengguna. Pilihlah furniture yang minimalis dan simpel untuk ruang tamu kalian! Biasanya furnitur dengan gaya Scandinavian lebih mengutamakan aspek fungsi. Pilih sofa yang dapat memberikan kenyamanan dengan bantalan empuk. Usahakan bentukan furniturnya sederhana dengan garisan lurus yang sangat minim detail dan ornamen. Furnitur dengan gaya ringan ini tentu akan menghasilkan ruang tamu yang lebih leluasa.

 

  1. Dekorasi Natural sebagai Aksesoris Ruangan

 

Dekorasi yang digunakan pada ruang tamu Scandinavian umumnya adalah dekorasi yang bersifat natural seperti tanaman indoor atau dekorasi yang terbuat dari material kayu. Dekorasi ini akan memberi kesan ringan tapi juga mempermanis ruangan. Selain itu hijaunya tanaman hias dapat membuat suasana ruang lebih asri dan menyegarkan! Jenis tanaman yang cocok ditempatkan di ruang tamu adalah yang memiliki batang lunak, ukuran tidak terlalu tinggi dan juga mudah secara perawatan. Jenis tanaman yang dapat digunakan adalah Peace Lily, Monstera, Sri Rejeki dan lain sebagainya.

Menarik bukan untuk memiliki ruang tamu dengan gaya Scandinavian? Tidak hanya simple dan indah tapi juga fungsional. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menerapkan Scandinavian Interior untuk ruang tamu huniamu?

 

Penulis : Fanny Wijaya – Universitas Kristen Petra

The post Gaya Scandinavian Pada Ruang Tamu Simple Dan Clean appeared first on Majalahasri.com.



Source link