Untuk apa pake calo? Mengurus Akta Jual Beli Tanah gampang kok?

Untuk apa pake calo? Mengurus Akta Jual Beli Tanah gampang kok?

Saat melakukan transaksi jual beli properti, pasti kamu akan mengurus dokumen legalitasnya. Salah satu dokumen yang wajib dimiliki adalah Akta Jual Beli tanah alias AJB.

Apa sih sebenarnya Akta Jual Beli tanah itu?

Jual beli properti merupakan proses peralihan hak dari penjual kepada pembeli yang dilengkapi dengan bukti-bukti otentik berupa dokumen. Akta Jual Beli menjadi salah dokumen otentik yang menjadi bukti sah peralihan hak tersebut. Proses pembuatan AJB ini dilakukan di hadapan pejabat PPAT. Ini dilakukan setelah semua biaya yang menyangkut jual beli rumah tersebut sudah dibayar lunas baik oleh penjual maupun pembeli.

Bagaimana proses pembuatan Akta Jual Beli tanah?

Banyak orang yang mengira bahwa pembuatan AJB memerlukan proses panjang yang berbelit-belit, sehingga gak jarang yang meminta bantuan calo untuk menyelesaikan proses ini. Padahal mengurus AJB gak sulit loh, selama kamu paham caranya. Untuk itu kami  akan memberikan cara lengkap mengurus AJB dari awal hingga selesai. Yuk, simak bersama-sama!

Untuk penjual, siapkan dokumen-dokumen ini

Dalam pembuatan AJB, diperlukan beberapa dokumen, baik dari pihak penjual maupun pembeli. Dari sisi Penjual, dokumen yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi Surat Nikah (Jika sudah menikah)
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat Persetujuan Suami/Istri (Surat persetujuan ini bisa juga dituliskan di Akta Jual Beli)
  • Sertifikat Tanah
  • Surat Tanda Terima Setoran PBB yang asli.

Untuk pembeli, siapkan dokumen-dokumen ini

Sedangkan dari sisi pembeli, dokumen yang diperlukan adalah:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Surat Nikah (Jika sudah menikah)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
Setelah menyiapkan dokumen tersebut, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah:
Datang ke kantor PPAT

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendatangi kantor PPAT sesuai lokasi di mana propertimu dibeli. Serahkan dokumen-dokumen yang telah dipersiapkan di atas.

Pihak PPAT akan memeriksa keabsahan dokumen

Dokumen tersebut lalu akan diperiksa kelengkapan dan keabsahannya sebelum penandatanganan AJB berlangsung. Petugas memerlukan waktu beberapa hari

Read the rest
Apa sih perbedaanya Sertifikat Hak Milik Dan Hak Guna Bangunan?

Apa sih perbedaanya Sertifikat Hak Milik Dan Hak Guna Bangunan?

Sertifikat Hak Milik (SHM) dan HAk Guna Bangunan (HGB) adalah jenis legalitas dalam status kepemilikan properti

Saat kamu berencana untuk membeli rumah, wajib hukumnya untuk memahami perbedaan keduanya. Sebab, baik itu SHM maupun HGB memiliki fungsi dan status hukum yang berbeda. Jangan sampai karena kamu tak memahami perbedaan keduanya, kamu malah terlibat masalah terkait legalitas di kemudian hari.

 

Sertifikat Hak Milik (SHM) adalah legalitas dengan status tertinggi

Sertifikat Hak Milik merupakan jenis sertifikat dengan kewenangan penuh atas sebuah lahan atau tanah, oleh pemegang sertifikat tersebut. Sedangkan Menurut Pasal 20 Undang-Undang Pokok Agraria, Sertifikat Hak Milik merupakan hak turun temurun, terkuat, dan terpenuh yang dapat dipunyai orang atas tanah.

Dari pasal tersebut, disimpulkan bahwa hak milik berupa SHM menempati kasta tertinggi dari legalitas rumah lainnya dan memberi manfaat paling besar bagi pemiliknya. Apabila kelak terjadi masalah terkait legalitas rumah, maka nama yang tercantum di sertifikat tersebut lah yang menjadi pemilik sah berdasarkan hukum. SHM juga bisa menjadi alat agunan atau jaminan yang kuat untuk pengajuan kredit.

 

Hak Guna Bangunan (HGB) adalah jenis sertifikat yang kepemilikannya sementara

Hak Guna Bangunan (HGB) adalah jenis sertifikat yang kepemilikan lahannya dipegang oleh negara. Pemegang sertifikat hanya dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk mendirikan bangunan atau keperluan lain dalam waktu tertentu.

Sertifikat Hak Guna Bangunan diatur dalam Pasal 35-40 Undang-Undang Pokok Agraria, dan memiliki batas waktu tertentu, biasanya 20 sampai 30 tahun, dan dapat diperpanjang. Setelah melewati batas waktunya, Anda sebagai pemegang sertifikat harus mengurus perpanjangan SHGB tersebut.

Biasanya, HGB dikembangkan oleh pengembang menjadi sesuatu yang bersifat komersial, seperti perumahan atau apartemen, dan kadang juga untuk gedung perkantoran.

 

Baik mana, SHM atau HGB?

Dari penjelasan di atas, singkatnya, SHM menawarkan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Dengan SHM, pemilik rumah memiliki kebebasan penuh, bisa mewariskan properti ke keturunannya, dan bisa memiliki jaminan perbankan dengan nilai tinggi.

Sedangkan pemilik rumah

Read the rest
Punya kolam ikan mini yang berisi ikan jenis favoritmu bisa mengurangi kadar stres loh!

Punya kolam ikan mini yang berisi ikan jenis favoritmu bisa mengurangi kadar stres loh!

Tahukah kamu? Memelihara ikan di rumah merupakan salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres. Supaya pemandangannya semakin indah, kamu bisa membangun kolam untuk ikan-ikan peliharaanmu. Tapi, bagaimana kalau kamu hanya memiliki sedikit lahan di rumah untuk membangun kolam ikan? Tenang, rumah kecil tetap bisa membangun kolam mini, kok.

Cukup atur ukuran kolam, air mancur, batu-batuan dan vegetasi yang ingin ditanam supaya tidak ada komponen yang memakan banyak lahan. Belum kebayang seperti apa kolam ikan mini tersebut akan berbentuk? Berikut ide  inspirasi kolam ikan mini yang bisa kamu ikuti!

 

Sisakan sebagian lahan pada taman untuk dibuat kolam ikan mini. Tambahkan air mancur dari kendi untuk menghasilkan suara yang menenangkan.

 

Buat kamu yang engga mau repot meguruk tanah untuk membangun kolam. Buat kolam cantik dengan bermodalkan besi seperti ini.

Teras belakang juga bisa kamu manfaatkan menjadi kolam ikan mini. Buat atapnya terbuka supaya kamu bisa lebih berhemat air ketika hujan turun!

 

Supaya kegiatan menjemur nggak membosankan, bangun kolam ikan di sebelah ruang laundry!

 

 

Jadikan lahan kosong di teras depan untuk membuat kolam ikan. Tambahkan kursi sehingga kamu bisa bersantai sambil menatap ikan-ikan

 

Untuk kamu yang berbujet minim, bisa menambahkan taman dengan dekorasi alami seperti bebatuan, dan beberapa pepohonan berukuran sedang.

Suka berjalan-jalan di taman belakang? Desain kolam ikan mini dengan jembatan kecil satu ini sangat cocok untukmu. Kamu bisa berdiri di tengah kolam melalui jembatan tersebut.

 

Kapan lagi pelihara ikan sambil refleksi gratis di rumah? Kamu juga bisa membuat desain.Kolam ikan seperti ini loh!

Tambahkan elemen kaca pada pembatas kolam ikan supaya kamu bisa menciptakan konsep akuarium di luar rumah

Source link Read the rest